Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor

-- --

Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor
Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor Dalam postingan blog kali ini, MC punya sesuatu yang agak unik dari biasanya nih. Kali ini, kami bereksperimen dengan pengecatan dan modifikasi ringan dengan hanya menggunakan cat. Dan 'korban' kali ini adalah motor sendiri, Honda CB150R 2012 dengan velg Enkei Standar milik AHM alias velg ori. Anyway, kami sebenernya udah ada niatan untuk ngecat velg dari jaman jebot, baru kerealisasi tahun 2019 ini karena  gapunya duit :( *plak. Anu, ya karena emang satu dua tiga alesan, sambilan kami me liat-liat dulu review-review cat kalengan atau cat semprot yang ada di pasaran Indonesia, yang memang banyak direkomendasikan oleh para pengguna cat semprot. Kenapa cat semprot kalengan? Pertama, kami pilih karena harganya murah meriah. Dengan range dibawah Rp.50.000,- per kaleng udah pasti dapet cat semprot dengan berbagai macam merk. Kedua, penggunaannya praktis, nggak perlu lagi harus nyampurin bahan sana-sini dan pastinya nggak perlu pakai Spray Gun (atau apalah sebutannya).

"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Lihat juga:

"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor Setelah liat-liat berbagai macam review baik dari mulut ke mulut maupun di website dan blog-blog terkemukahhhhhhhhhh, maka jatuhlah pilihan kami untuk mempercayakan cat kepada Samurai Paint. Sedikit informasi, klaim dari Samurai Paint sendiri yaitu : Cat tidak mudah pudar, tahan bensin (gasoline), tahan retak dan tahan cuaca. BERGARANSI. Wah, ini nih yang bikin kami makin ingin cobain Samurai Paint. Untuk pilihan warna sendiri, kami memilih warna GOLD alias emas, karena kok kayaknya asyik aja gitu ya liat velg motor warnanya emas, kesannya elegan banget, gitu. For your information, harga per kaleng Samurai Paint dijual berkisar antara Rp.30.000,- sampai Rp.50.000,- (untuk warna kameleon (bunglon) emang agak mahal yo bos 
"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Sebelumnya, kita harus siapin alat-alat dan bahan-bahan untuk ngecat velg diantaranya adalah :
1.Cat Samurai warna yang diinginkan (MC pakai warna GOLD 8 | 123 untuk main color velg) 2 kaleng.
2.Cat Samurai warna PUTIH untuk warna dasar velg sebelum finishing 2 kaleng.
3.Cat Samurai warna CLEAR 128, untuk finishing total keseluruhan setelah main color diaplikasikan. Cukup 1 kaleng.
4.Ampelas paling halus, ukuran 0.400
Oke, pertama-tama dan yang paling utama, kami harus bongkar-bongkar Shiro dulu. Sekalian servis motor sendiri, bongkar bagian velg dua-duanya dengan hati-hati ya guys! Karena kalau nggak hati-hati nanti bisa-bisa gagal pengerjaannyaLalu selanjutnya setelah velg dilepas, jangan lupa untuk siapkan ampelas paling halus dan air sabun. Hampelas perlahan-lahan seluruh bagian velg yang akan dicat. Setelah semua bagian dihampelas halus, jangan lupa bersihkan dan keringkan terlebih dahulu dari air dan kotoran. Ngehampelasnya nggak perlu pake tenaga dalam, cukup sampai pori-pori velg terbuka dan pernisnya ilang aja kok. Berhubung waktu ngampelas  nggak sempet dokumentasiin, jadi fotonya ngambil dari blog orang dulu ya  Abis itu kita ngapain? Tutup bagian BAN, GEAR SET (kalau bisa ya dilepas), DISKBRAKE (kalau bisa juga, ya dilepas juga) pakai koran, kertas agak tebel dan lakban kertas. Kempesin dulu ban nya biar si kertas yang agak tebel bisa diselipin diantara velg dan ban. Kira-kira buat nutup ban ilustrasinya begini : 
"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Pastikan seluruh bagian ban tertutup, atau minimal nggak ada celah buat tembus.  Setelahnya? Siapkan tempat yang agak bersih, kita taruh velg yang sudah 'dibungkus' di tempat tersebut, dan siap untuk pengecatan dasar atau lapis pertama menggunakan cat samurai warna putih. Kocok dulu 30 detik ya! biar bahan cat dan gas di dalem semuanya nyampur pur pur.
Tips penting yang harus diketahui wajib : Jarak semprot 10 cm dari permukaan cat ya, agar tidak tipis-tipis banget dan tidak menggumpal. Tunggu setiap bagian sekitar 10 menit agar kering. Jangan langsung semprot keseluruhan, pastikan pelan tapi pasti.
"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Tahap selanjutnya, Setelah seluruh bagian velg dirasa cukup tertutup oleh cat dasar, kita siap untuk bagian paling bikin CIHUY, yaitu pengecatan MAIN COLOR alias warna utama untuk velg. Disini MC menggunakan warna Gold. Sebelumnya, tunggu cat dasar kering kira-kira 20-30 menit, baru bisa dikerjakan pengecatan warna utama. Jangan lupa, jangan sampai ada debu atau kotoran ya, karena haram hukumnya, gagal jadinya nanti :( buat jaga-jaga, tiup-tiup tipis aja hasil cat dasar, supaya kotoran dan debu nggak nempel, tapi awas, niupnya jangan pake kuah iler ya wkww. Tetep ya, kocok dulu sebelum disemprot, 30 detik atau lebih (capek lho haha), jarak semprot tetep usahakan jangan lebih dari 15cm, paling pas 10cm dari permukaan. Berhubung kami nggak sempet dokumentasiin, kira-kira nanti begini ilustrasinya :
"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Tips : Coba ditilik-tilik (diliat-liat) bagian yang sekiranya sudah disemprot dan belum disemprot. Pada tahap ini, sobat harus teliti karena biasanya bagian velg dalam yang agak susah dijangkau harus tetep disemprot cat biar warnanya merata. kami gunakan 2 lapis cat utama, jadi butuh 2 kaleng cat Samurai Gold untuk 2 lapis cat agar warna merata dan hasil cat baik. Jangan lupa keringkan kalau udah ya Kebetulan kami ngecat malem, jadi bisa dikeringin sampai pagi. Paginya, tinggal dipernis pakai Samurai Clear 128 deh.
"Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor"
Tahap selanjutnya? Setelah semuanya beres dan rapi, gunakan pernis Samurai Clear 128 ya, semprot tipis-tipis di bagian yang sudah selesai kira-kira 2 lapis tipis-tipis. Setelahnya, jemur dibawah sinar matahari.  Dan FUALA! Selamat! Sobat semua tinggal pasang kembali velg ke motor.
Ini Dia Cara Mudah Cat Velg Motor Jangan lupa bersihin sisa-sisa semprotan di ban motor pakai thinner ya.. mudah bukan? Cara diatas sudah penulis praktekan sendiri dan hasilnya 100% memuaskan semoga informasi ini bermanfaat sampai jumpa dan terimakasih.