Tips Memilih Knalpot Racing Agar
tidak Merusak Mesin Motor
Tips Memilih Knalpot Racing Agartidak Merusak Mesin Motor. Hai guys admin mau kasih tau info di Bidang OTOMOTIF nih
Tentang Pemilihan Knalpot yang bagus dan tidak merusak mesin kalian biar lebih
jelas simak dan baca selengkapnya ulasan berikut ini Untuk motor pilihan yang
seperti apakah knalpot yang sesuai untuk meningkatkan performa pacu motor-motor
kalian? Secara dasar untuk lebih mudahnya Knalpot Racing ini dibagi dan
digunakan untuk berjenis pengguna:
1.Pengguna Umum
Kategori Style only-Penggunaan
Pergi ke kantor, touring master dan aktifitas rutin sehari-hari (non-racing)
hanya agar mendapatkan suara yang lebih empuk dan ngebass dan agar suara dapat
terdengar dengan tujuan agar orang lain/pengendara lain lebih hati-hati didekat
si pengendara. Yang diperlukan disini cukup hanya dengan mengganti
silincer/peredam suaranya saja. Apabila pipa dari leher knalpot hingga silencer
bisa dilepas tanpa memotong sepertimodel motor jenis 4-tak Scorpio, Thunder
250,CBR 150, Minerva, Thunder 125, Shogun 125, Arashi, Honda Supra 125, Satria
FU, Nova Sonic. Untuk motor jenis 2-tak seperti NSR,King, Ninja 150, TZM 150,
Tiara 125(JR 120), 125Z( bila 2 tak cukup dengan memotong sebagian isi dari
silencer yang menempel pada pipa letaknya didalam silencer) namun suara menjadi
lebih garing dan keras.
2.Pengguna Medium
Kategori Style-Gaya balap-ngebut
kalau ada kesempatan-Pengguna Pergi Ke Sekolah, Kampus, Kantor. Yang diperlukan
pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full
system( system full termasuk dari leher knalpot yang menempel di blok mesin
hingga ujung silencer, atau juga hanya mengganti silencernya juga tanpa
mengganti pipa knalpot. Untuk keperluan dalam kategori ini yang diperlukan
mencoba beberapa silencer buatan handmade dengan ukuran yang sebaiknya tidak
jauh dari ukuran silencer standartnya baik bentuk juga lubang keluar dari
silencer, selain itu setting spuyer yang tepat diperlukan. Contohnya: untuk
motor jenis 4-tak proses setting dapat dimulai dengan menaikkan spuyer pilot
jet sebanyak 1 step angka kenaikan, misalkan dari angka pilot jet 12,5 menjadi
15 untuk karburator jenis mikuni. Dari 15 menjadi 17,5 dan seterusnya kenaikan
sebesar per 2,4 (juga disesuaikan dengan setting bukaan skrup udara di
karburator). Untuk jenis motor 2tak selain pilot jet naik satu step, sebaiknya
mainjet juga dinaikkan satu step untuk mengatasi kekeringan diputaran atas dari
mesin.
Baca JUGA;
3.Pengguna Advance
Kategori Street illegal
Racing-Penggunaan khusus untuk balap liar dengan kondisi motor akan dipakai
hanya untuk balap liar. Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti
system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher
knalpot yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer). Biasanya para
pengguna knalpot ini tidak memperdulikan suara yang dihasilkan, mereka lebih
perduli hasil tenaga yang dihasilkan dari penggantian jenis knalpot racing.
Untuk memilih knalpot yang tepat bagi kegunaan mereka. Ada baiknya banyak
mencoba beragam knalpot racing, namun bukan hanya sekedar merk saja yang
berbicara..pada kondisi untuk keperluan balap oleh pengemar adu kebut untuk
kelas mesin standart, mesin korekan medium dan korekan full racing memerlukan
tipe knalpot yang berbeda. Hal ini yang banyak kurang dipahami oleh para
pengguna di kategori Advance ini. Karena tidak sedikit knalpot bermerk yang
sebenarnya fungsinya kurang dimengerti oleh pemakainya. (misalnya untuk
beberapa knalpot luar ada peringatannya :” Racing use only not for daily
use”)ini berarti hanya bisa digunakan untuk mesin full balap dan bukannya mesin
yang semi dan juga mesin yang hanya diganti spuyernya saja!
4.Pengguna Profesional
Kategori Full Racing is
legal-Penggunaan khusus untuk balap resmi dengan spek motor full racing/medium
racing Mp3 dan MP 5, dengan rider seorang pembalap professional. Pengguna
Profesional-Kategori Full-Racing is legal. Yang diperlukan pada kategori ini
diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system jenis
“Racing use only”. Untuk knalpot jenis ini yang produk dariluar negeri seperti
Yoshimura Jepang, USA dan yang versi Thailand juga mudah ditemukan hanya saja
sepertinya Produk dari negara-negara seperti Thailand dikhususkan dan hanya
diproduksi untuk motor-motor kelas 150cc tidak untuk motor besar. Sedangkan
untuk produk lokal yang berbahan dasar stainless steel rupanya hanya orderan
dari tim-tim balap besar yang dapat memilikinya langsung dari sang produsen,
sementara yang ada dipasaran hanya jenis vernekelan.
Berikut dibawah ini langkah-langkah tertentu yang
harus dilakukan setelah penggantian knalpot, antara lain:
1. Lakukan penyetelan setelan
udara setelah penggantian knalpot.
2.Lakukan test ride beberapa km
dengan kondisi riding seperti biasa ( layaknya membawa motor secara harian,
tidak perlu terlalu kencang, tidak usah telalu pelan ).
3.Matikan mesin beberapa meter
sebelum motor berhenti ( posisi gigi di-netralkan dulu ) untuk memperlihatkan
kondisi mesin ( via busi ) sesungguhnya.
4.Buka busi. Awas, hati-hati.
Membuka busi sesaat setelah mesin dijalankan beresiko membuat ulir drat tempat
busi menjadi selek.
5.Perhatikan kondisi dan warna
busi. Jika busi berwarna putih bersih, berarti setelan udara tidak mampu
‘menahan’ dahaga mesin akan bahan bakar. Harus ganti spuyer ! Jika busi
berwarna putih kecoklatan / merah bata, berarti setelan sudah tepat. Jika busi
berwarna hitam, atur ulang setelan udara.
6.Perawatan mesin paska
penggantian knalpot yang utama adalah, membuat mesin tidak kehausan bahan
baker. Mesin yang telalu ‘kering’ beresiko membuat mesin cepat jebol. Setelah
setelan ideal didapatkan, perawatan yang lain berjalan seperti biasa.
7.Pergantian oli secara teratur,
sangat dianjurkan. Jika perlu interval-nya dipercepat, misalkan biasanya ganti
oli setiap 2000 km, boleh ganti setiap 1500 km. Untuk penggunaan merek oli
sendiri, kebebasa para pengendara.
8.Setelah knalpot terpasang dan
setelan didapatkan, bersihkan filter udara sekalian agar hasilnya lebih greng.
Bensin tidak perlu diganti ke oktan yang lebih tinggi. Biasa minum premium,
premium saja.
Tips Memilih Knalpot Racing Agartidak Merusak Mesin Motor, bagaimana guys setelah kalian membaca artikel
diatas, tentunya semua kembali kepada kalian karena saat ini kalian sudah
mengetahuinya, kunjugi selalu situs ini untuk mendapatkan informasi menarik
seputar otomotif hanya disitus ini, jika kalian ingin mengacat velg motor
silahkan kunjungi melalui link yang telah kami berikan diatas salam otomotif.